PENGARUH PEMAHAMAN PENDIDIKAN KARAKTER DAN NILAI SPIRITUAL TERHADAP AKHLAK SISWA DI SMP IT NURUL FIKRI, CIMANGGIS, KOTA DEPOK, JAWA BARAT

Authors

  • Hadi Fawwaz Pascasarjan Institut PTIQ Jakarta

Keywords:

Pendidikan, Karakter, Akhlak

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya keprihatinan terhadap kemerosotan akhlak yang terjadi pada bangsa Indonesia. Hal tersebut salah satu penyebab utamanya adalah karena gagalnya dunia pendidikan dalam mendidik akhlak anak bangsanya. Kegagalan ini disinyalir disebabkan karena beberapa faktor, di antaranya yang paling utama adalah faktor minimnya jam pengajaran dan kurang maksimalnya pendidikan akhlak di sekolah.

Edward Gibbon menceritakan bagaimana kemerosotan moral ini telah menjadi penyebab utama hancurnya bangsa-bangsa terdahulu di dunia, dan hal ini sedang terjadi pada bangsa Indonesia. Memang tak bisa kita pungkiri bahwa kemerosotan akhlak di semua lini kehidupan masyarakat telah terjadi pada bangsa ini. Ditandai dengan berderetnya kasus korupsi, mafia hukum, mafia pajak, mafia proyek, mafia perbankan, narkoba, asusila, pencabulan, kasus foto dan video porno yang bahkan ada yang diproduksi oleh dunia pendidikan Indonesia sendiri, serta banyak lagi kasus-kasus lainnya.

Pendidikan karakter dipandang sebagai alternatif yang bersifat preventif untuk mengatasi atau mengurangi masalah karakter bangsa, karena pendidikan karakter dapat membangun generasi baru bangsa yang lebih baik. Dengan demikian, pendidikan karakter diharapkan dapat meningkatkan kualitas generasi muda dalam berbagai aspek kehidupan sehingga memperkecil dan mengurangi berbagai masalah karakter bangsa.

Akhlak merupakan pondasi yang utama dalam pembentukan pribadi manusia seutuhnya. Pendidikan yang mengarah pada terbentuknya pribadi yang berakhlak, merupakan hal pertama yang harus dilakukan. Pembinaan akhlak di sekolah harus dilakukan secara teratur dan terarah agar siswa dapat mengembangkan dan mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Published

2022-12-19